Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 23 April 2022

PARAFRASE DALAM PENULISAN

0 komentar

Untuk menghindari plagiasi yang tinggi maka kita harus melakukan parafrase terhadap setiap kutipan yang kita kutip. Sangat tertarik dengan Jurnal yang menetapkan tingkat plagiasi yang sangat rendah, misalnya 5%. Wow! Ini artinya si author harus melakukan banyak sekali parafrase terhadap artikel yang dikutip. Baik juga tujuannya. Ini dimaksudkan agar author benar-benar mengerti apa yang dituliskan di dalam artikel. Selain itu, si Jurnal akan mendapatkan H-Indeks yang tinggi. Mengapa? Karena tingkat citasi terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal ini pun akan tinggi. Artikel memiliki tingkat originalitas yang sangat-sangat tinggi. Bayangkan sampai level 5% tingkat plagiasi yang disyaratkan. Ini sesuatu yang baik bagi Jurnal Indonesia untuk dapat go internasional dan bersaing di kancah yang lebih global.

Saya baru mengerti ini ketika dihadapkan pada kenyataan bahwa saya harus merevisi artikel sebanyak tiga kali di level editor review. Belum pada tahap reviewer, haha! Awalnya sudah menyerah ketika mendapatkan revisi kedua dengan jumlah revisi ada sekitar 15 poin. Saya memutuskan untuk mengirimkan artikel ke jurnal lain (Jurnal Internasional), namun malang nasib saya, dengan segera editor Jurnal Internasional (miliknya negara tetangga kita, Malaysia) menolak dengan beberapa poin bahwa cakupan dalam artikel tidak begitu relevan dengan cakupan Jurnal. Otomatis, saya kembali pada Jurnal sebelumnya, yg revisi di tahap editornya saja banyak sekali, hehe!

Saya menyelesaikan dalam jangka waktu yang cukup lama bagi saya (sekitar 2 Minggu). Saya mengirimkannya kembali dan mendapatkan revisi ketiga yakni hasil plagiasi yang berada pada level 15%. Hal ini tentu jauh dari yang disyaratkan. Oleh karena itu saya diminta merevisi kembali agar tingkat plagiasi nya bisa turun maksimal 5%. Hari ini saya baru menyelesaikannya dan mengirimkan kembali. Tahap editor sudah selesai.

Tahap selanjutnya adalah menghadapi revisi dari para reviewer. Selalu melatih diri untuk menyelesaikan dengan baik apa yang sudah dimulai. Jika tidak maka hati akan memberontak parah. 

Sekian tulisan hari ini, 23 April 2022. Salam menulis. Long life education!


0 komentar:

Posting Komentar